Manfaat Mendidik Buah Hati Untuk Berhijab Sebelum Baligh

525 Tinjau  | 

Manfaat Mendidik Buah Hati Untuk Berhijab Sebelum Baligh

Islam telah menunjukkan bagaimana idealnya hubungan antara orang tua dan anak. Di antaranya berkaitan dengan pentingnya keteladanan dan pendidikan dari orang tua kepada buah hatinya.

Ayah adalah pemimpin dalam keluarga, sedangkan Ibu adalah madrasah pertama bagi anak. Ayah dan Ibu selaku orangtualah yang mengajarkan pada anak tentang tauhid, amalan, akhlak, dan ilmu keduniaan lainnya. Oleh sebab itu, orangtua akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat terhadap perilaku anak, termasuk perihal berhijab atau tidaknya anak perempuan kita. Karena berhijab dengan syar’i wajib hukumnya bagi setiap muslimah.

Mendidik Anak Taat Sebelum Baligh

Seperti halnya sholat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan agar kita mengajari anak sejak usia 7 tahun dan memukulnya jika tidak mau melaksanakan sholat setelah usia 10 tahun. Sama halnya dengan hijab, wajibnya hijab bagi seorang wanita sama dengan wajibnya sholat, puasa dan zakat. Maka mendidik anak untuk berhijab sejak dini juga menjadi sebuah kewajiban bagi orangtua.

Berhijab Tanpa Paksaan

Anak yang terbiasa menggunakan hijab sejak dini akan lebih mudah untuk nyaman dengan berhijab ketika dewasa, bahkan ia akan enggan dan malu bila keluar rumah tanpa menggunakan hijab. Namun berbeda halnya dengan anak yang ketika remaja baru diajak untuk berhijab, ada kemungkinan sang anak akan berat hati untuk memulainya. 


Menjaga Dirinya dari Berbagai Perbuatan Buruk

Salah satu hikmah dari berhijab bagi seorang wanita adalah menjaga dirinya dari perbuatan buruk dan niat jahat seperti pelecehan seksual, perzinaan dan lain sebagainya. Dengan berhijab, aurat anak tertutup dengan sempurna sehingga tak lagi menjadi pancingan bagi mata laki-laki nakal.


Berhijab Membuat Menjadi Lebih Mulia

Hijab juga mengangkat kemuliaan seorang muslimah, karena Rasulullah dalam sebuah haditsnya menyampaikan, “Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang shaleha.” Dan, setiap wanita shaleha tentu adalah wanita yang berhijab dengan syar’i. Kita sebagai orangtua tentu menginginkan anak kita menjadi muslimah yang mulia serta terjaga maka berhijab adalah salah satu jalan untuk mewujudkannya. Beratnya perjuangan orangtua dalam mendidik anaknya hingga sukses dunia akhiratnya adalah sebuah perjuangan yang akan dilimpahi ridho Allah subhanahu wa ta’alla. Dan semoga kita senantiasa sabar dan bijak dalam mendidik anak sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya.

 

 

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis